Minggu, 20 November 2011

Pertimbangan Sebelum Beli Kamera DSLR (Bagian 2)

Banyaknya kamera SLR (Single Lens Reflex) di pasaran seringkali membuat calon konsumen bingung untuk memutuskan pilihan. Dengan label harga yang berbeda, konsumen harus mengetahui apa sebenarnya yang ia butuhkan dan apa yang akan ia lakukan dengan kamera tersebut.


Berikut hal-hal yang harus dipertimbangkan berikutnya setelah calon pembeli mengetahui mengenai ukuran sensor:

2. Sistem Anti Goyang (Anti shake)

Hal lain yang harus dipertimbangkan ketika memilih kamer DSLR adalah keberadaan sistem image stabilization (IS). Seperti diketahui, foto yang diambil dalam kondisi kurang cahaya atau diambil melalui lensa telephoto mudah sekali menjadi blur. Hal ini diakibatkan karena kamera yang tidak stabil alias goyang. Nah, IS ini diperlukan untuk mengatasi kendala tersebut, meniadakan goyangan kamera dan mengurangi blur.

Tiap pabrikan memiliki nama sendiri-sendiri untuk sistem ini. Ada yang memakai istilah Super SteadyShot, Anti Shake, Vibration Reduction atau Mega IOS.

3. Kecepatan (Speed)

Apakah Anda membutuhkan kecepatan kamera yang mumpuni? Biasanya speed dibutuhkan bagi mereka yang biasanya mengambil foto untuk sport dan wildlife. Model yang lebih mahal akan menawarkan kecepatan fokus yang lebih tinggi, begitu juga dengan jumlah frame yang diambil secara continuous.

Sebagian besar DSLR entry level menawarkan tingkat continuous shooting sekitar 2.5 atau 3 frame per second, cukup untuk mengambil gambar anak-anak atau binatang peliharaan yang sedang berlarian.

Akan tetapi jika kecepatan menjadi faktor penting bagi Anda, maka pertimbangkan untuk membeli ke model mid range atau semi-professional yang menawarkan tingkat frame mulai dari 5 fps.

4. Ukuran, berat dan daya tahan

Kamera digital SLR hadir dengan berbagai bentuk dan ukuran. Jika Anda gemar membidik obyek dalam kondisi lembab atau berdebu, pikirkan untuk mencari DSLR dengan 'bungkus' waterproof dan sistem penghilang debu untuk menjaga sensor tetap bersih.

Kamera dengan daya tahan semacam ini memang agak lebih mahal namun banyak juga kamera model mid-range yang menawarkan beberapa level perlindungan dari elemen-elemen tersebut.

Mengenai ukuran dan berat kamera, pertimbangkan kamera yang ringkas jika Anda sering memakainya untuk bepergian dan tidak ingin terganggu dengan berat kamera. DSLR yang ringan menawarkan berat tidak lebih dari 0,5 kg dengan lensa kecil.

5. Layar dan Live View

Live View memungkinkan user untuk menilik frame foto dari layar di belakang kamera, sama seperti di kamera compact. Keberadaan live view membantu pengambilan gambar dari sudut-sudut yang sulit karena pengguna tak harus 'mengintip' melalui viewfinder meski di lain sisi ia memiliki kekurangan.

Live view mengakibatkan proses pengambilan lebih lambat. Hal ini disebabkan karena kaca yang ada di SLR harus diflip-up untuk memungkinkan live view dan diflip-back down kembali untuk mengambil fokus atau membidik obyek.

Namun di sini pabrikan Sony mengatasi hal tersebut dengan pemakaian sistem live view dual sensor, yang menjanjikan proses lebih cepat walaupun belum mampu menawarkan foto dengan resolusi tinggi di live viewnya.

6. Kemudahan Fitur & Kelengkapannya

Banyak SLR entry-level yang 'menyambut' pengguna yang baru berpindah dari kamera kompak. Untuk itu pabrikan kamera telah menyuguhkan kemudahan pemakaian fitur (on-screen guide, intelligent automatic modes, face detection) yang biasanya ada di kamera saku.

Meski banyak fitur di kamera compact yang sudah ada di kamera digital SLR, namun ia memiliki banyak fitur yang lebih mumpuni. Pertimbangkan kekayaan fitur yang dimiliki kamera dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

7. Movie Mode

Bagi yang gemar merekam moment-moment penting dalam kehidupan, movie mode harus jadi pertimbangan. Sebagian besar SLR yang memungkinkan pengambilan video tidak mampu melakukan autofocus selama pembuatan video clip, akan tetapi mereka mampu membuahkan hasil yang bagus.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | JCPenney Coupons