Minggu, 20 November 2011

'Megapixel Besar Bukan Jaminan Kualitas Foto Bagus'

 

Ukuran megapixel bukanlah faktor utama saat membeli kamera, termasuk jika ingin menghasilkan foto dengan kualitas bagus. Demikian dikatakan Yase Defirsa Cory, selaku Marketing Executive PT DataScrip, distributor resmi Canon Indonesia.

"Selama ini konsumen, apalagi di pasar kamera low-end banyak yang menjadikan megapixel itu segala-galanya, padahal kualitas foto itu yang utama dan inilah yang ingin kami edukasi ke masyarakat.

Kualitas foto yang bagus didapat dari beberapa faktor, seperti ukuran sensor dan resolusi sensor yang dimiliki sebuah kamera, termasuk berdasarkan image processingnya.

"Ukuran pixel dan sensor yang lebih besar semakin meningkatkan efisiensi pengumpulan cahaya sehingga hasil foto yang diperoleh menjadi semakin sempurna," demikian prinsip yang dipegang Canon. Dengan ini, noise yang terjadi pada foto yang diambil dengan pemakaian ISO yang tinggi akan bisa diminimalisir.

Untuk itulah di camera full frame terbaru Canon yakni EOS-1D X, Canon menurunkan besaran megapixelnya dari model sebelumnya. Di model kamera full frame EOS-1Ds Mark III, ia dibekali dengan sensor CMOS 21 MP dan Digic III, sedang di EOS-1D X ia dibekali 18 MP.

Penurunan tersebut diiringi dengan 'senjata' prosessor dual Digic 5+ sehingga hanya ada sedikit noise di ISO tinggi. Dengan perubahan ini, maka kualitas foto yang 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | JCPenney Coupons